Tutorial Membuat Contact Form di Blog

ada yang tau apa itu contact form ? Contact form menurut saya adalah Form / isian untuk mengisi data dari seseorang untuk mengirimkan pesan kepada si pembuat Contact Fom. duh sulit dimengerti ya ? hehe. maklum lah masih newbie. jika diambil lebih singkat bisa diartikan kalau contact form adalah halaman untuk mengirim pesan kepada sang penulis blog.

perlu diketahui lho. bahwa setiap blog harus mempunyai contact form lho. jika sobat kosongin nanti sobat tidak akan bisa mendaftarkan ke google adsense. karena itu adalah hal yang wajib. adapun syarat untuk mendaftar google adsense yang lain adalah Privacy Policy, Disclaimer, About, Dan Sitemap. tapi kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat contact Form dulu saja ya :).

Langkah pembuatannya sangat simple kok. sobat tidak akan bingung maupun kesulitan dalam membuatnya. OK, kalau sobat sudah siap, Mari kita membuat nya.


  • Pertama sobat hubungkan koneksi internet dan buka browser sobat
  • lalu sobat ketikkan https://www.123contactform.com/ atau bisa Langsung menuju dengan klik DISINI.
  • jika sudah masuk ke dalam website nya silahkan sobat klik Sign Up Free
  • dan akan ada 4 Pilihan yang pertama adalah pilihan dimana sobat bisa menggunakannya secara gratis untuk blog sobat, dan yang ke 2 sampai 4 tidak gratis. jadi sobat harus bayar untuk mengakses pilihan itu. saran saya pilih saja yang ke 1 untuk membuat secara gratis. dan klik saja sign up
  • ketika sobat sudah klik pada sign up sobat akan diarahkan ke dalam pengisian untuk membuat akun baru sobat. dan masukkan akun Google sobat atau bisa juga menggunakan akun FB , Yahoo, Dan Microsoft. jika sudah memasukkan akun sobat, silahkan sobat klik create
  • lalu sobat akan diarahkan ke ke pilihan dimana sobat bisa mengatur tampilan dari Contact Form sobat tersebut. saran saya silahkan sobat pilih yang Contact Form saja untuk blog kecil seperti saya. tetapi semua itu kembali kepada diri sobat masing masing. klik saja pada pilihan sobat.
  • jika sobat sudah memilih maka sobat akan diarahkan ke dalam pengeditan form. silahkan sobat hapus yang tidak perlu dengan cara centang yang ingin dihapus dan Hapus dengan klik pada yang sudah saya tandai.
  • jika sobat merasa sudah bagus. silahkan sobat klik Publish Form. maka sobat akan diarahkan lagi ke dalam pemilihan lagi. tergantung sobat memakai platform apa untuk membuat blog, Jika sobat memakai Blogger pilih saja blogger, dan jika sobat memakai Wordpress pilih saja wordpress dan yang lainnya. sesuaikan dengan Platform untuk membuat blog sobat. dan copy kan code yang muncul.

  • selanjutnya kita akan memasang Code yang muncul ke dalam Laman. caranya : masuk ke akun blogger sobat dan pada dashboard klik Laman dan buat laman baru. Jangan lupa ganti Mode COMPOSE ke HTML. dan Publikasikan. Jangan lupa jika sobat ingin seseorang berkomentar tinggal sobat atur di pilihan yang ada pada setelan laman.
  • dan selesai lah :) contact form sudah jadi ini Hasilnya.
Semoga Bermanfaat :) Jangan lupa share nya. dan jika sobat masih bingung silahkan sobat berkomentar di bawah.
Share / Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tutorial Membuat Contact Form di Blog"

 
Copyright © 2014 gubuk-tutor - All Rights Reserved - DMCA
Template By Kunci Dunia